Tidak Perlu Beli, Kiat Sewa Tempat Tidur Rumah Sakit untuk Rawat Jalan – Banyak alasan yang dikemukakan pasien atau keluarganya ketika memutuskan lebih memilih rawat jalan dibandingkan dengan rawat inap. Mulai dari kekurangan dana, lebih praktis, mudah dalam mengawasi pasien, lebih hemat, dan lain-lain.

Namun, untuk bisa melakukan rawat jalan juga tidak mudah. Anda harus menyiapkan semua kebutuhan pasien serta pengawasan yang ketat agar proses penyembuhan bisa berjalan cepat. Salah satunya adalah dengan menyediakan tempat tidur khusus pasien.

 Kebutuhan Tempat Tidur Pasien

Bagi Anda yang memiliki keluarga yang memilih melakukan perawatan di rumah saja tentu akan kesulitan jika harus menggunakan ranjang biasa. Apalagi jika si pasien memiliki riwayat kesehatan yang mengharuskan bed rest atau tidak bisa terlalu banyak bergerak.

Kondisi tersebut tentu membutuhkan perlakuan yang berbeda dengan pasien yang masih bisa beraktivitas sendiri. Anda bisa memilih tempat tidur manual dengan 1 crank, 2 crank, atau 3 crank. Selain itu, ada juga alternatif tempat tidur elektrik dengan jumlah tuas sampai dengan 4 crank.

Kiat Memilih Tempat Tidur Rumah Sakit

Selain membeli baru, saat ini ada alternatif sewa tempat tidur rumah sakit yang bisa Anda pilih. Ada beberapa kiat yang bisa diterapkan untuk menemukan ranjang pasien yang tepat, diantaranya adalah:

– Tentukan Cara Mendapatkan Ranjang Pasien

Untuk mendapatkan sebuah ranjang bisa dengan cara mendatangi supplier atau toko  yang menyediakan peralatan kedokteran secara langsung. Atau, Anda bisa memperolehnya secara offline. Pertimbangkan dengan matang alternatif mana yang paling baik bagi Anda.

Untuk pembelian secara online, jangan lupa untuk membaca spesifikasi ranjang dengan seksama. Baik secara online maupun offline, jangan ragu untuk bertanya jika ada yang kurang jelas. Misalnya, apakah ranjang terbuat dari bahan yang aman bagi pasien, mudah dioperasikan, dan lain-lain. Jangan sampai saat barang sudah tiba di rumah, Anda menjadi kecewa karena kondisinya yang tidak sesuai dengan harapan.

– Sesuaikan Bahan Matras dengan Kondisi Pasien

Kiat berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih ranjang rumah sakit adalah dengan menyesuaikannya dengan kondisi pasien itu sendiri. Terutama dalam hal penyediaan kasur/ alas tidur/ matras. Perhatikan tingkat ketebalan dan bahan yang digunakan karena tidak semua pasien membutuhkan matras dengan bahan yang sama.

Misalnya saja matras kasur busa anti decubitus yang belum tentu cocok bagi penderita obesitas atau pasien yang memiliki masalah dengan tulang belakang. Penggunaan matras dengan bahan ini bisa membahayakan posisi tulang belakang pasien. Bagi penderita obesitas, keberadaan kasur busa bisa membuatnya kesulitan atau malas bergerak.

– Perhatikan Kualitas Bahan yang Digunakan

Selain harga, kualitas bahan material dari ranjang pasien tersebut juga harus Anda perhatikan saat akan sewa tempat tidur rumah sakit. Ini diperlukan untuk menunjang proses penyembuhan pasien itu sendiri. Anda harus menentukan jenis ranjang mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasien dan juga ketersediaan dana.

– Cek Ulang Kelengkapan Tempat Tidur

Lakukan pengecekan ulang terhadap tempat tidur yang akan Anda beli/sewa. Umumnya, ranjang pasien ini memiliki fasilitas berupa roda, tiang infus, dan pagar penghalang. Ketiga item tersebut mutlak harus ada pada ranjang pasien.

Jangan lupa, perhatikan pula apakah ketiganya bisa berfungsi secara normal atau tidak. Selain itu, baik ranjang manual maupun elektrik harus dicek apakah fungsi crank berjalan dengan lancar. Jangan sampai pasien merasa tidak nyaman saat tempat tidurnya akan diubah posisinya.

– Siapkan Kebutuhan Pasien di Samping Tempat Tidur

Salah satu cara untuk membuat pasien merasa nyaman adalah tersedianya semua kelengkapan yang diperlukan. Anda harus menyiapkan hal tersebut di samping tempat tidur pasien. Misalkan gelas, makanan ringan, atau obat-obatan.

Anda bisa menggunakan troli khusus atau meja yang memiliki rem pada bagian roda. Anda juga bisa menyediakan tiang infus dengan roda untuk memudahkan pasien bergerak. Namun, jika dikhawatirkan akan memperburuk kondisi pasien, ada baiknya Anda menyiapkan kursi roda.

Apapun alternatif pilihan Anda saat akan beli atau sewa tempat tidur rumah sakit, pilihlah yang terbaik dan sesuaikan dengan kondisi pasien. Baik itu secara online maupun offline, sebaiknya perhatikan dengan seksama spesifikasi dari ranjang tersebut. Mulai dari kualitas bahan ranjang, matras dan kelengkapannya. Dengan melengkapi kebutuhan pasien dan juga kesabaran dalam merawat bisa mempercepat proses penyembuhannya.

Open chat
1
Hallo
Selamat Datang di calmo.co.id
kami menyewakan kursi roda, tongkat jalan, tempat tidur pasien rumah sakit dan kami menjual Sparepart kursi roda.

untuk info lebih lengkap ke calmo.co.id